Sobat Papuan: Ini Teknologi HAARP, Senjata Rahasia Amerika. Benarkah?

 

Image: Fasilitas Teknologi HAARP di Alaska, Amerika.

Apa Itu HAARP?

HAARP merupakan sebuah penelitian ionosfer berbentuk teknologi super canggih yang diinisiasi oleh Amerika Serikat. Dalam pembuatannya didanai Angkatan Udara, Angkatan Laut Amerika Serikat, Universitas Alaska, dan Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA), dirancang dan dibangun oleh BAE Advanced Technologies (BAEAT) terletak di Alaska. Berguna untuk menciptakan dan/atau merubah suatu iklim, cuaca, membuat awan dan hujan buatan. Dan dalam spesifikasi proyek besarnya diduga mampu menciptakan bencana buatan dalam skala kecil atau besar di wilayah yang ditentukan, seperti; tornado, badai, hujan, bahkan tsunami, dengan cara menangkap pancaran ionosfer kemudian ditembakkannya kekuatan ionosfer tersebut.


Cara Kerja HAARP

HAARP bekerja dengan cara menembakkan sinyal 3,6 MW di areal 2,8-10 MHz dalam saluran HF, kemudian dilepaskan ke ionosfer. Sinyal yang dipakai berupa pulsed signal maupun continuous signal.  Dampak transmisi sinyal dapat ditangkap oleh instrumen seperti kamera optik, penerima HF, UHF radar, dan VHF.

Para pakar mengembangkan penelitian HAARP untuk mengetahui proses dasar alami pada lapisan ionosfer terhadap sinyal radio. Pasalnya, ionosfer diketahui dipengaruhi oleh interaksi radiasi matahari. Selanjutnya, dikelola supaya dapat mengurangi dampak tidak diinginkan pada performa sistem navigasi dan komunikasi serta bermanfaat bagi militer dan sektor publik.

Proyek HAARP didirikan untuk menguraikan metode komunikasi kapal selam, sistem penemuan kandungan mineral dari perut bumi, pemetaan kompleksitas tanah dan wilayah, serta kegunaan lainnya. Sayangnya, di sisi lain, ionosfer sangat sulit diukur karena memiliki lapisan udara sangat tipis dan satelit untuk observasi tidak dapat dilepaskan di lapisan ini.

Cara Kerja HAARP. Soucer: Warta Digital


Bahaya Teknologi HAARP

Adanya teknologi HAARP di Alaska Amerika Serikat ini dapat membawa polemik dan kontraversi di kalangan publik terkait berbagai peristiwa bencana alam. Banyak masyarakat hingga lingkup internasional menganggap bahwa proyek HAARP memberikan dampak negatif bagi lingkungan di sekitar tempat operasional HAARP. Apabila dampak negatif yang ditakutkan oleh masyarakat mengenai HAARP benar terjadi, maka wilayah Gakona, Alaska yang akan terkena dampak paling besar. Akan ada kemungkinan bahwa pembangunan infrastruktur untuk program ini dapat merusak lingkungan di sekitar Gakona, seperti penanaman kabel dan pembangunan stasiun pengirim, gangguan pada navigasi satwa liar seperti burung migrasi hingga gangguan kesehatan pada masyarakat setempat.

Sejak awal diluncurkan pada tahun 1993, proyek HAARP telah menuai kontroversi dan kekhawatiran dari negara-negara lain. Menurut NBC News pada tahun 2010, Hugo Chavez selaku Presiden Venezuela menyatakan bahwa HAARP dapat menciptakan gempa bumi dan menjadi pemicu gempa di Haiti. Sayangnya, tuduhan tersebut tidak didukung oleh bukti yang valid. Selain itu, pada tahun 2010 Parlemen Kanada mempertanyakan penggunaan proyek HAARP oleh Amerika Serikat dan meminta pemerintah Kanada untuk menyelidiki proyek tersebut. Namun, pemerintah Kanada menyatakan bahwa proyek HAARP tidak memiliki dampak negatif bagi kesehatan manusia dan lingkungan. Di sisi lain, pada tahun 2013 Dmitry Rogozin selaku Wakil Perdana Menteri Rusia kala itu menuduh bahwa Amerika Serikat menggunakan HAARP sebagai ‘senjata’ untuk memanipulasi cuaca dan mengganggu sistem komunikasi Rusia.

Apakah tuduhan-tuduhan pada teknologi HAARP ini benar adanya atau hanyalah spekualis berbagai kalangan dan juga para pecinta dan pemerhati konspirasi global? Semuanya itu tidak dapat dibantah juga tidak dapat dibenarkan. Perlu adanya data-data dan bukti yang jelas dan otentik tentunya. Namun, pengetahuan awal mengenail Teknologi HAARP sudah tentunya kita ketahui dan pelajari untuk antisipasi kesalahpahaman dan penyalagunaan di masa mendatang.



Reference : 

Audiah, V. (2023, February 10). Ketahui Apa Itu HAARP dan Benarkah Bisa Menyebabkan Gempa? Inilah.com. Retrieved May 11, 2023, from https://www.inilah.com/apa-itu-haarp-dan-benarkah-bisa-menyebabkan-bencana-alam

Coady, L. (2022, August 24). HAARP weather control conspiracy is off in the clouds. Australian Associated Press. Retrieved May 12, 2023, from https://www.aap.com.au/factcheck/haarp-weather-control-conspiracy-is-off-in-the-clouds/

Dewi, I. R. (2023, February 17). Teknologi AS Dituduh Sebab Gempa Turki, Profesor Buka Suara. CNBC Indonesia. Retrieved May 11, 2023, from https://www.cnbcindonesia.com/tech/20230217084720-37-414617/teknologi-as-dituduh-sebab-gempa-turki-profesor-buka-suara

Dylan. (2015, December 28). H.A.A.R.P. – Gakona, Alaska. Atlas Obscura. Retrieved May 11, 2023, from https://www.atlasobscura.com/ 

 


Lebih baru Lebih lama