Papuan; Hati-hati Beras Plastik, Ini Ciri-cirinya !

Foto: Keterangan Beras. Ist.

Halo sahabat Papuan. Saat ini banyak sekali dihebohkan dengan beras plastik. Beras jenis ini adalah beras sintesis dari bahan kimia. Jika dikonsumsi akan mengakibatkan berbagai masalah pada tubuh kita. Dari bahannya saja sudah jelas bahwa dari plastik dan tubuh tidak dapat mengurai nasi dari beras plastik menjadi sumber energi bagi tubuh kita.

Belakangan beras plastik ini sangat ramai dibicarakan di berbagai media. Dan diklaim dapat dengan mudah ditemukan di pasaran Indonesia dengan harganya yang cenderung murah. Dari ciri-ciri beras yang Sobat Papuan paparkan ini akan membantu untuk mengenali beras tersebut. Namun, terkadang yang sangat sulit untuk di ketahui yaitu beras tersebut dicampur dengan beras asli sehingga agak sulit dalam membedakan.

Bukan saja beras tapi beberapa waktu lalu sempat beredar video viral di Facebook dari Papua Tengah yang menemukan nasi dari beras plastik di sebuah rumah makan. Ini sangat berbahaya. 

Berikut adalah beberapa ciri dari beras plastik yang wajib Sobat Papuan ketahui :

1. Cium bau Beras

Bau beras asli dengan beras plastik sangat berbeda jauh. Sebelum beli harus periksa dulu. Beras asli pasti bauhnya khas padi. Sementara beras plastik memiliki aroma kimia.

2. Warna Beras

Warna dan kilap beras bisa Anda jadikan salah satu cara membedakan beras asli dan plastik. Beras asli biasanya memiliki warna alami yang sedikit transparan dan tidak terlalu mengkilap. Sementara itu, beras plastik cenderung memiliki warna terlalu putih dan kilap yang berlebihan.

Anda juga bisa melihat bagian tengah butiran beras. Pada beras asli biasanya terdapat warna putih kecil (bukan bening), sedangkan pada beras plastik warnanya putih bersih dan bening.

3. Perhatikan Kemasan dan Label

Sebelum belanja juga harus periksa tulisan pada karung, produksi di mana, nama tempat produksinya, Tanggal, dan ditulis jelas atau mencurigakan. Lihat juga dari jenis karung.

4. Kunyah Beras

Cara lainnya adalah sebelum beli beras, ambil satu butir beras baru tes kunya. Jika beras keras dan kering seperti biasanya maka itu beras asli. Namun jika beras kunya tidak keras seperti kunya plastik maka itu jelas beras sintesis.

5. Bakar Beras

Sobat Papuan bisa uji juga dengan cara bakar beras. JIka dia hangus dan tidak berbakar itu beras asli. Namun jika beras tersebut dibakar dan cepat terbakar seperti plastik dan meleleh itu sudah jelas beras plastik.

Lebih baru Lebih lama