Ini Manfaat Buah Pepaya yang Orang Papua Wajib Tahu !

 

Buah Pepaya Segar. Ist.

Pepaya (Carica papaya L.) merupakan salah satu tanaman buah yang dibudidayakan di daerah tropis dan sub-tropis. Pepaya (Carica papaya L.) merupakan tanaman tropis semi kayu yang tumbuh dengan cepat. Papua merupakan daerah yang paling banyak ditemukan buah papaya. Terutama di daerah pesisir meskipun petani di Papua tidak punya minat untuk budidaya jenis buah ini. Buah ini kadang bertumbuh sendiri di berbagai tempat di pesisir Papua sehingga Pepaya tidaklah sulit untuk dapat ditemukan di Papua.

Pepaya (Carica papaya L.) tergolong tanaman yang tidak bermusim, sehingga buahnya tersedia setiap saat dan harganya yang relatif murah dan terjangkau. Buah ini banyak disukai oleh masyarakat karena memiliki rasa yang manis dan mengandung banyak nutrisi.

Banyak Masyarakat Papua yang tidak mengetahui pentingnya buah ini dan kandungan serta manfaat dari buah ini.

Berikut adalah beberapa manfaat dari buah Pepaya yang sobat Papuan rangkum :

1.Melancarkan pencernaan

Manfaat pepaya bagi kesehatan tubuh amat beragam, salah satunya dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. Manfaat pepaya untuk pencernaan berasal dari enzim yang terkandung dalam buah ini. Sodarang dong perlu ketahui bahwa, enzim itu katalizator atau zat pengurai yang membantuk proses metabolism tubuh.

Enzim tersebut antara lain papain, chymopapain, caricain, dan glycyl endopeptidase.

Papuans perlu tahu bahwa, kadar enzim paling tinggi ketika buah pepaya dalam kondisi matang. Enzim tersebut mampu mencerna protein yang masuk ke dalam tubuh.

Menurut penelitian dalam Neuro Endocrinology Letters, kelompok yang mengonsumsi formula dengan bahan dasar pepaya, dapat menurunkan risiko sembelit dan perut kembung selama 40 hari.

Jadi Sobat Papuans, Kalo sodara dong alami sembelit atau susah buang air besar (BAB) bisa coba makan buah papaya dengan cara langsung dimakan atau dibuat jus buah papaya.

2.Mengoptimalkan sistem imun tubuh

Sobat Papuans, system imun tubuh adalah system pertahanan. Dia bertugas seperti pegutas keamanan. Jadi ketikan Sobat Papuan sakit. Dia berperang melawan kuman yang masuk menyerang tubuh kita.

Jadi, buah pepaya ini kaya akan vitamin A, C, dan E. 

Vitamian C menjadi salah satu jenis vitamin yang cukup tinggi kandungannya. Melansir dari jurnal Nutrients dengan judul Vitamin C and Immune Function, vitamin C menjadi jenis vitamin yang sangat penting untuk mengoptimalkan imun tubuh.

Ingat, berbagai vitamin tersebut penting bagi sistem kekebalan tubuh. Ketika sistem imun makin prima, maka risiko terserang penyakit infeksi semakin berkurang.

3.Meningkatkan kesehatan jantung

Pepaya merupakan salah satu buah yang memiliki manfaat bagi kesehatan jantung. Buah ini banyak mengandung vitamin C dan likopen, zat yang membantu mengurangi risiko penyakit jantung

Pepaya juga mengandung antioksidan yang bisa meningkatkan efek kolesterol baik (HDL) yang ada di dalam tubuh sehingga tidak terjadi aterosklerosis.

4.Meningkatkan kesehatan kulit

Pepaya juga memiliki manfaat bagi kulit. Buah ini bisa menjaga kulit agar tetap sehat dan terlihat muda. Enzim papain yang terkandung di dalam pepaya bisa melembutkan dan merevitalisasi kulit. 

Sementara itu, vitamin A dan C yang ada di dalamnya bisa mengurangi kerutan dan memudarkan bintik-bintik hitam.

Selain itu, dalam penelitian pada Photochemical and Photobiological Sciences, mengatakan bahwa kandungan likopen dalam pepaya juga berfungsi untuk mengoptimalkan kesehatan kulit.

Kelompok wanita yang mengonsumsi likopen selama 10-12 minggu secara rutin mampu menurunkan risiko kemerahan pada kulit akibat paparan sinar matahari. Hal ini bisa mencegah iritasi atau sunburn pada kulit yang mungkin terjadi. Banyak juga produk sabun yang dihasilkan dari ekstrak buah papaya.

5.Menjaga kesehatan rambut

Manfaat pepaya juga berkaitan dengan kesehatan rambut. Buah ini mengandung vitamin A, nutrisi yang penting untuk produksi sebum, yang menjaga kelembapan rambut. Vitamin A juga baik untuk pertumbuhan semua jaringan tubuh, termasuk kulit dan rambut. 

Pastikan perawatan yang kamu lakukan sesuai dengan kebutuhan rambut.

 

6.Menyembuhkan luka pada lapisan perut

Manfaat pepaya lainnya yang berhubungan dengan sistem pencernaan adalah dapat menyembuhkan luka, yang terjadi pada lapisan perut dan sistem pencernaan lainnya. 

Kandungannya dapat membantu tubuh untuk melindungi dan menjaga kesehatan sistem pencernaan. 

7. Menurunkan risiko Alzheimer

Buah ini juga mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Antioksidan mampu mencegah paparan radikal bebas pada tubuh, termasuk di dalam otak.

Berbagai peneliti percaya bahwa pencegahan paparan radikal bebas pada bagian otak bisa menurunkan risiko Alzheimer. Sobat Papuan perlu ketahui bahwa Alzheimer itu secara sederhana dikenal sebagai penyakit lupa biasanya terkait faktor usia. Namun jika ada yang sudah sering lupa maka rutinlah konsumsi papaya.

8.Mencegah peradangan dalam tubuh

Peradangan kronis yang terjadi pada tubuh menjadi pemicu berbagai penyakit. Mengonsumsi pepaya, salah satu buah yang kaya akan antioksidan menjadi salah satu cara untuk mencegah munculnya peradangan dalam tubuh.

9.Mencegah kanker prostat

Manfaat pepaya lainnya bisa membantu kamu untuk mencegah kanker prostat. Hal ini karena buahnya mengandung likopen yang memberikan warna cerah alami pada buahnya. Likopen mampu menurunkan risiko kanker. Meski begitu, masih membutuhkan studi lebih lanjut untuk membuktikan hal ini.

10.Mengoptimalkan kesehatan mata

Pepaya memiliki kandungan zeaxanthin yang cukup tinggi. Zeaxanthin adalah salah satu jenis kandungan antioksidan yang bisa menjaga kesehatan mata.

Memenuhi kebutuhan nutrisi ini terbukti mengurangi risiko dan perkembangan degenerasi makula terkait usia.

11.Mengoptimalkan kesehatan tulang

Meskipun dalam jumlah yang kecil, buah ini juga mengandung vitamin K. Memenuhi kebutuhan vitamin K membuat tubuh menyerap kalsium lebih baik sehingga kesehatan tulang terjaga dengan baik.

12.Mengatasi nyeri dan melancarkan menstruasi

Memasuki siklus menstruasi, beberapa wanita akan mengalami nyeri menstruasi yang menyebabkan tidak nyaman. Mengonsumsinya bisa membuat gejala nyeri menjadi lebih baik karena adanya enzim papain dalam pepaya.

Selain itu, jika kamu mengalami gangguan menstruasi, seperti siklus menstruasi yang tidak lancar, sebaiknya konsumsilah buah pepaya. Adapun, kandungan enzim papain pada buah ini mampu memperlancar siklus menstruasi.

13.Meningkatkan kesuburan wanita

Mengonsumsinya mampu meningkatkan kesuburan wanita. Melansir dari jurnal Foods, pengobatan pada wanita dengan menggunakan ekstrak pepaya, mampu memperpanjang masa kesuburan dan mencegah infertilitas atau mandul pada wanita.

Dengan berbagai manfaat di atas maka Sobat Papuans, sudah seharusnya mengonsumsi dan menanam buah papaya di setiap kebun mama-mama Papua.


References :

p2ptm kemenenterian Kesehatan. diakses 2023

Healthline. Diakses pada 2023. 8 Evidence-Based Health Benefits of Papaya.
Neuro Endocrinology Letters. Diakses pada 2023. Papaya Preparation (Caricol®) in Digestive Disorders.
Photochemical and Photobiological Sciences. Diakses pada 2023. Lycopene-rich Products and Dietary Photoprotection.
Nutrients. Diakses pada 2023. Vitamin C and Immune Function.
Foods. Diakses pada 2023. Benefits of Fermented Papaya in Human Health.


 

 

 

Lebih baru Lebih lama