Irzum Farihah: FILSAFAT MATERIALISME KARL MARX

                                    E-Book : FILSAFAT MATERIALISME KARL MARX

Karl Marx adalah seorang filosof, sosiolog, ekonom, politisi dan aktivis. Marx menyebut pemikirannya sebagai kritik politik ekonomi dari perspektif kaum proletar yang dikenal sebagai filsafat kritis. Pemikiran Marx menjadi rujukan banyak ilmuan dan sangat relevan sebagai pisau analisis. Karya Marx sangat banyak, namun diantara karyanya yang paling sangat mewarnai dalam pemikirannya adalah Das Kapital. Pada dasarnya Das Kapital menjelaskan tentang pemahaman filosofi keadilan sosial dengan mengambil kasus ketidakadilan dalam ekonomi. Pemikiran Marx dan analisis ekonomi tersebut didasarkan pada pemikiran epistimologi yang sangat terkenal yaitu dialectical and historical materialism. 

Pemikiran filosofi epistimologi itulah yang menjadikan Marx lebih dikenal sebagai anti Tuhan. Imajinasi sosialisme Marx untuk mewujudkan masyarakat tanpa kelas, tanpa penindasan, dan tanpa alienasi masih selalu diperdebatkan. Menurut Marx, sosialisme adalah produk materialisme dialektis dan materialisme  historis.Teori Marx berakar dari suasana intelektual abad ke19. 

Menurutnya sejarah manusia adalah proses alamiah. Seperti realitas yang lain, sejarah dapat menjadi sasaran studi ilmiah. Dengan studi ilmiah dimungkinkan menentukan makna, pola, dan kecenderungan dalam kejadian sejarah, bahkan dalam skala sejarah dunia. Pada dasarnya pernyataan Marx tentang sejarah ada kesamaan dengan pemikiran evolusi, namun keunikan materialisme-historis menganut konsep dialektika Hegel. 

Gagasan idealistik Hegel tentang semangat sebagai substratum dan agen penggerak sejarah sesungguhnya. Marx menerima ajaran Hegel secara selektif. Marx menerima gagasan formal dialektika, tetapi menolak kadar idealistis dalam teorinya. Marx juga mengikuti filosof Jerman yang sezaman dengannya, yaitu Feuerbach dengan membangun filsafat materialistisnya sendiri yang berbeda dari  Hegelianisme.

Sobat Papuan. Selengkapnya download E-Book di sini 👉https://ayobelajarbareng.com/LcpPnOXdc

Lebih baru Lebih lama